Google News

Cerita Motivasi : 7 Kobaran Api Yang Terlupakan

Written By Unknown on Sabtu, 11 Mei 2013 | 06.02


Cerita Motivasi yang berjudul 7 Kobaran Api Yang Terlupakan ini terinspirasi dari salah satu alat penerangan tradisional yang terbuat dari bambu sebagai tempat bahan bakar dan sabut kelapa sebagai sumbunya, Alat penerangan ini seringkali disebut dengan obor atau oncor.
Dikisahkan ada 10 obor tertancap di dinding sebuah goa. Dari 10 obor itu ada 1 diantaranya yang menyala dengan terang, sementara beberapa diantaranya ada yang redup dan ada pula yang mati tidak menyala sama sekali.


Walaupun ada 1 obor yang menyala terang, namun sinar dari kobaran api dari ujung tubuhnya tak mampu menerangi seluruh isi goa. Berulangkali dia berusaha membesarkan kobaran api, namun tetap saja hanya mampu menerangi sebagian kecil isi goa.

Karena dia menyadari ketidakmampuannya, maka dia berteriak kepada 9 obor lain agar membantu menerangi seisi goa.

Obor 1 : "Hai obor 1, obor 2, kenapa nyalamu redup sekali?"
Obor 2 : "Sumbuku terlalu kecil sobat!"
Obor 3 : "Bahan bakarku sudah menipis, tidak mungkin aku bisa menyala terang!"

Lalu obor 1 menyampaikan permasalahan ini kepada penjaga goa tentang permasalahan kedua temannya.
Setelah itu, digantilah sumbu obor 2 dan ditambahkan bahan bakar pada obor 3. Akhirnya ketiganya menyala dengan terang. Namun, apa yang terjadi? Ternyata goa yang harus diterangi masih dalam dan sinar dari kobaran api ketiganya tak mampu menembus gelapnya goa itu.

Weits... tunggu dulu sob.. di sana ada teman-teman obor lain yang belum menyala, pasti jika mereka ikut membantu, goa ini akan terang benderang.

Obor 1: "Hai obor yang lain, kenapa kalian mati dan tidak nyala sama sekali?"
Ketujuh obor yang lain : Kami tidak pernah tersentuh oleh api, sumbu kami bagus, bahan bakar kami penuh, tapi tak pernah ada yang menyentuh kami bagaimana kami bisa menyala?"

Tanpa berpikir panjang, obor 1 langsung meminta penjaga goa untuk membawa tubuhnya dan menyentuhkan api pada sumbu ketujuh obor yang lain. Subhanallah...10 Obor menyala terang dan seisi Goa menjadi terang benderang. Kini indahnya pemandangan di dalam goa, gemerlapnya stalaktit dan stalakmit serta gemericik air di dalam goa menjadi tampak jelas.

» » Baca Cerita Motivasi Berikutnya


MENABUNG DI BANK adalah MENITIPKAN ATAU MENYIMPAN UANG ANDA dengan BEBAN BIAYA.
BUKAN sebuah nilai INVESTASI
Ingin UANG berkembang 10 - 20% perhari?
Gabung aja di PELUANG BISNIS MANTAB KLIK DISINI



Ok Sobat Silahkan Lanjutkan membaca Silahkan Share agar memberi kemanfaatan bagi sobat yang lain


0 komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silahkan di Share & Tulis Komentarnya