Google News

STRATEGI ASAH KAPAK

Written By Unknown on Senin, 04 Maret 2013 | 19.18

Perang pasti menggunakan tenaga, pikiran dan perlengkapan yang memadai. Ketiga macam hal itu menjadi berguna apabila diracik dengan strategi yang tepat. Apabila salah satu dari ketiganya ada yang melemah, maka harus dikuatkan oleh yang lain, sehingga tidak terjadi ketimpangan. 
Namun, kalau tidak diramu dengan baik, maka kekuatan bertempur bisa jadi akan melemah bahkan bisa jadi mengalami kekalahan-kekalahan yang tidak semestinya terjadi. Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari, tujuan yang ingin dicapai bisa jadi kandas di tengah jalan gara-gara strategi yang tidak tepat.

Coba renungkan cerita dari Dr. Donald G. Krause dalam bukunya The War of Market berikut ini: Seorang pria ingin menjadi tukang kayu. Ia pergi ke toko perlengkapan logam setempat dan membeli kapak yang paling mengkilap dan paling tajam yang ada di situ. 

Dengan kapak itu, ia bisa menebang dua puluh pohon sehari. Setelah beberapa waktu, karena kapaknya menjadi tumpul, ia hanya bisa menebang sepuluh pohon sehari dan ia harus bekerja lebih lama. 

Suatu hari, karena khawatir dengan keletihan suaminya yang tampak jelas, istri tukang kayu itu bertanya,”Mengapa kau tidak mengasah kapakmu?”. 

Dengan capai suaminya menjawab,”Aku tidak punya waktu. Aku terlalu sibuk untuk menebangi pohon.” 

Terkadang strategi yang tidak tepat bisa menjadikan kerja menjadi semakin terasa berat dan bebanpun bertambah. Layaknya seorang manager yang menghabiskan waktunya untuk persoalan yang mendesak, bukan pada persoalan yang penting. Seringkali waktunya dihabiskan untuk mengejar target pencapaian baru tanpa menyisihkan waktu dalam strategi pemeliharaan jaringan yang telah terbentuk sebelumnya dengan pelanggan-pelanggan yang sudah terjalin di awal usahanya. 

Seperti halnya tukang kayu di atas tadi, seandainya saja dia mau merawat kapaknya dengan baik, mengasahnya hingga tajam, tentu ia masih punya waktu untuk bisa mengembangkan usahanya sehingga mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi. Salam Jawara (http://penajawara.blogspot.com

Daftar Pustaka
Krause G. Donald, Dr. Perang Bisnis Strategi Menaklukkan Pasar dengan Prinsip Sun Tzu

MENABUNG DI BANK adalah MENITIPKAN ATAU MENYIMPAN UANG ANDA dengan BEBAN BIAYA.
BUKAN sebuah nilai INVESTASI
Ingin UANG berkembang 10 - 20% perhari?
Gabung aja di PELUANG BISNIS MANTAB KLIK DISINI



Ok Sobat Silahkan Lanjutkan membaca Silahkan Share agar memberi kemanfaatan bagi sobat yang lain


0 komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silahkan di Share & Tulis Komentarnya