Google News

Inspirasi Perang Sunzu "The Art of War" (Page 1)

Written By Unknown on Jumat, 22 Februari 2013 | 21.43

Salah satu teknik perang ala Sunzu yang terkenal adalah mengenali diri sendiri, musuh dan lingkungan. Berikut kutipan dari Sunzu "Kenali dirimu sendiri, kenali musuhmu, maka kemenangan sudah pasti ada di tanganmu. Kenali langit, kenali bumi, maka kemenangan pasti akan sempurna"

Teknik ini bisa diterapkan tidak hanya pada perang fisik, namun pada dunia persaingan dagang baik perdagangan lokal maupun perdagangan internasional, dapat juga diterapkan dalam persaingan pemilukada, pemilihan presiden dan sebagainya. Berikut ini beberapa kumpulan inspirasi ala Sunzu dalam teknik perangnya "The Art of War" semoga bermanfaat:

"Tanpa Keselarasan di dalam negara, tidak ada ekspedisi militer yang bisa dijalankan, tanpa keselarasan di angkatan perang, tidak ada kesatuan perang yang bisa dibentuk" SUNZU

Ulasan Penulis :
Dalam sebuah perusahaan atau organisasi haruslah ada persatuan, ada kesatuan visi dan misi sehingga dapat menjalankan aktivitas sesuai tujuan dengan baik. Semisal terjadi perbedaan haruslah dibicarakan dan diambil jalan yang paling baik demi kemajuan bersama. Kesatuan dalam tim adalah kunci sukses dari gerakan selanjutnya.

"Air membentuk alirannya menurut sifat tanah yang dialirinya; prajurit mendapatkan kemenangannya sesuai dengan musuh yang dihadapinya... dia yang bisa memodifikasi taktiknya sesuai dengan musuh yang dihadapinya.... dia yang bisa memodifikasi taktiknya sesuai dengan musuhnya dan lalu berhasil memenangkan pertarungan, bisa disebut sebagai pemimpin yang dilahirkan di langit." SUNZU

Ulasan Penulis :
Di dalam sebuah tim perusahaan atau organisasi penerapan visi dan misi dan pedoman kerja haruslah luwes, bisa menyesuaikan dengan perkembangan situasi yang ada. Terkadang situasi di lapangan berbeda dengan apa yang direncanakan, dengan demikian harus ada taktik kedua taktik ketiga sebagai alternatif apabila ada permasalahan di lapangan yang tidak bisa diselesaikan dengan taktik utama, sehingga tim bisa segera mengatasi dengan strategi disesuaikan dengan yang terjadi di lapangan.

"Melakukan Manuver dengan seangkatan perang akanhal yang menguntungkan; dengan sekumpulan orang yang tidak berdisiplin, akan menjadi hal yang paling membahayakan." SUNZU

Ulasan Penulis : 
Dalam menjalankan tujuan perusahaan ataupun organisasi amat sangat penting pembiasaan untuk disiplin. Disiplin jangan disamakan pemaksaan, namun sebuah langkah pembiasaan yang membuat gerak kerja menjadi nyaman, sebagaimana makanan. Tanpa makanan orang takkan dapat hidup dengan badan sehat. Demikian pula kerja, jika kedisiplinan itu dibiasakan sejak awal di segala lapisan tim dari pimpinan hingga prajurit paling bawah maka kedisiplinan itu akan menjadi kebutuhan utama di benak seluruh anggota tim. Dengan adanya kedisiplinan dalam tim, akan membuahkan hasil yang selaras dengan kesuksesan, sedangkan ketidakdisiplinan justru dapat membahayakan perusahaan atau organisasi tersebut.







MENABUNG DI BANK adalah MENITIPKAN ATAU MENYIMPAN UANG ANDA dengan BEBAN BIAYA.
BUKAN sebuah nilai INVESTASI
Ingin UANG berkembang 10 - 20% perhari?
Gabung aja di PELUANG BISNIS MANTAB KLIK DISINI



Ok Sobat Silahkan Lanjutkan membaca Silahkan Share agar memberi kemanfaatan bagi sobat yang lain


0 komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silahkan di Share & Tulis Komentarnya