Google News

CARA UJI TELUR PALING MUDAH AKURAT

Written By Unknown on Jumat, 18 Maret 2016 | 18.49

Telur adalah salah satu sumber protein yang rasanya enak dan nikmat. Namun yang jadi masalah adalah jika telur itu busuk malah bisa jadi sumber penyakit. Oleh karena itu sebelum mengkonsumsi telur kita harus tau apakah telur segar atau telur busuk yang akan kita makan. Tentu saja hal ini perlu cara uji telur paling mudah dan akurat.
Cara pertama
Pengalaman yang saya coba sendiri adalah dengan merendam telur (katanya sih yang tenggelam itu telur segar dan yang mengambang sudah dipastikan busuk). Namun teori ini ternyata salah, telur yang mengambang ternyata sama-sama masih segar kok...

Cara kedua
Pengalaman kedua adalah dengan meneropong menggunakan sinar matahari. Dan ini sangat sulit dilakukan. Terbukti saya kesulitan menentukan hasil mana yang tergolong segar dan mana yang busuk. Cukup sulit bagi saya, jadi saya anggap itu tidak mudah dan tingkat keakuratannya tentu juga samar.. lha wong caranya aja sulit.

Cara ketiga
Pecah telurnya pasti ketauan mana yang busuk dan mana yang segar. Telur busuk bisa diketahui dari baunya (busuk) dan bentuknya pun pecah atau kuning telur sudah byor... alias hancur.
Perlu diketahui bahwa belum tentu telur baru lahir itu segar. Saya sendiri pernah menemukan telur yang baru lahir usia 3 hari ketika mau digoreng ternyata sudah busuk. (Telur dari kandang ayam bertelur tgl 16 Maret 2016, mau dimasak tgl 19 Maret 2016). Penyebab busuknya sampai saat ini belum diketahui apakah dari kondisi ayam atau penyebab yang lain.

Jadi kesimpulannya adalah:
Cara uji telur busuk atau segar paling mudah dan akurat adalah cara yang ketiga.

  1. Pecahkan telurnya
  2. Ketahui dari bau dan bentuknya

Semoga bermanfaat.






MENABUNG DI BANK adalah MENITIPKAN ATAU MENYIMPAN UANG ANDA dengan BEBAN BIAYA.
BUKAN sebuah nilai INVESTASI
Ingin UANG berkembang 10 - 20% perhari?
Gabung aja di PELUANG BISNIS MANTAB KLIK DISINI



Ok Sobat Silahkan Lanjutkan membaca Silahkan Share agar memberi kemanfaatan bagi sobat yang lain


1 komentar:

dinar mengatakan...

menurut pengalaman saya, telur yang busuk itu memiliki ciri-ciri seperti:

berat telur yang lebih ringan,

warna yang agak pudar,

bila digoyangkan akan terasa ada sesuatu yang mengikuti pola gerakan atau goyangannya (entah gimana saya harus menjelaskan yang satu ini heee...),

kalau baunya mungkin sudah bisa tercium dari radius 5-10cm jika busuknya belum terlalu lama.

selamat mencoba

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silahkan di Share & Tulis Komentarnya