Google News

TIPS JITU MENGATASI ANAK YANG TERLANJUR BANDEL

Written By AJEG JAYA on Jumat, 24 Mei 2013 | 03.18

Tips berikut berisi kisah seorang ayah dalam mengatasi anak yang terlanjur bandel :
Ditulis oleh: http://penajawara.blogspot.com
Ketika itu, saya sempat kebingungan juga mencari referensi tentang cara-cara mengatasi perilaku anak yang suka membantah, bandel dan tidak mau nurut apa kata abi, umi, kakek maupun neneknya. Bahkan mandipun harus beradu mulut bahkan tak jarang beradu fisik agar si anak mau bersentuhan dengan air.


Berbagai tips dan trik yang kami dapatkan telah kami jalankan, tapi hasilnya masih saja seperti itu. Kemudian kami berpikir untuk meminta pendapat dari ibu sekaligus meminta doa darinya.

Berikut ini tips dari ibu yang senantiasa mengasuh dan mendidikku :
“Le.. kalau menasehati anak itu jangan hanya dengan kata-kata, tapi dengan hati”

Lama kami camkan dalam hati kata-kata itu, dan akhirnya kami bisa menemukan apa yang dimaksud oleh ibu. Nah berikut ini tips yang bisa kami bagikan untuk kebaikan bersama :

1. Bagaimana iika anak bandel dan tidak mau nurut kata orang tua ?
Hindari kemarahan kepada anak, karena ibarat batu jika dipalu justru bisa menimbulkan suara yang lebih keras dan bahkan bisa pecah. Selalu upayakan kata-kata lembut dan penuh perasaan. Plus bacakan sholawat sambil terus berdoa kepada Allah supaya dilembutkan hati si anak.

2. Bagaimana kalau tetap tidak bergeming?
lazadaAnda bisa saja menggunakan kata yang agak bernada keras, tapi ini harus diimbangi dengan kekuatan emosi dan kekuatan batin yang matang. Kata bernada keras dibarengi dengan hati yang dongkol/ marah justru bisa menular kepada anak. Oleh karena itu, jika menasehati dengan bahasa yang agak bernada keras, hati harus tetap tenang dan tidak boleh sampai emosi timbul (ini yang agak sulit hehehe...) tapi tenang, ada cara latihan untuk memunculkan kekuatan batin kok.

3. Bagaimana memunculkan kekuatan batin?
Nah, tahap inilah yang agak memerlukan latihan lebih. Yang kami lakukan adalah dengan memperbanyak amalan ibadah, khususnya sholat malam (tahajud). Dan bersungguh-sungguh dalam memohon kepada Alloh agar anak dilembutkan hatinya dan menjadi anak yang sholih.
Mungkin ini bisa langsung memberikan dampak positif, mungkin juga butuh waktu. Intinya adalah sabar. Karena Alloh telah memberikan petunjuk bahwa dengan sabar dan sholat, semua permasalahan akan dapat teratasi.

4. Mengajak anak sholat 5 waktu di masjid.
Sholat berjama’ah di masjid dapat menjadikan anak menjadi lebih tenang batinnya dan lebih khusuk daripada di rumah. Selain itu, anak akan lebih mencintai masjid dan bergabung dengan orang-orang sholih yang rajin sholat di masjid. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap jiwa anak.

Alhamdulillah tips keempat ini telah kami jalankan dan saat ini perkembangan si anak jauh dari bandel yang dulu menghinggapinya, Lebih mudah untuk dinasehati (tentu dengan cara nomor 1 atau 2) dan jika saat sholat subuh tidak dibangunkan untuk sholat berjama’ah di masjid justru dia marah. Dan Alhamdulillah ketika abinya bangun dia juga ikut bangun tidur, bahkan sekarang kalau mau ke masjid sholat subuh berjama’ah sudah siap dan mandi terlebih dahulu.

Menghadapi anak dengan kesabaran dan terus berdoa kepada Allah serta panjatkan doa di sepertiga malam akhir (ketika sholat tahajud). Sesungguhnya kekuatan doa orang tua itu adalah suatu suntikan motivasi terbaik untuk anak.

Referensi yang saya gunakan adalah :
ALQUR’AN SURAT AL-ANKABUT (29):45
… wa aqimissholaata innasholaata tanha ‘anil fakhsyaa’i wal munkar…
(…dirikanlah shalat. Sesungguhnya, shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.)

Semoga sedikit tulisan untuk berbagi ini dapat bermanfaat bagi saudara kami semua…
Sampaikanlah walaupun satu ayat. Silahkan Bagikan Tulisah ini kepada saudara atau sahabat anda agar kita bisa saling nasehat menasehati.

----------------------------
PROMO TERBATAS "PENAJAWARA BAGI-BAGI PULSA" 
MENABUNG DI BANK adalah MENITIPKAN ATAU MENYIMPAN UANG ANDA dengan BEBAN BIAYA.
BUKAN sebuah nilai INVESTASI
Ingin UANG berkembang 10 - 20% perhari?
Gabung aja di PELUANG BISNIS MANTAB KLIK DISINI



Ok Sobat Silahkan Lanjutkan membaca Silahkan Share agar memberi kemanfaatan bagi sobat yang lain


0 komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silahkan di Share & Tulis Komentarnya

Masukkan alamat E-mail Valid untuk berlangganan