Google News

Servis Print Head Epson Sederhana

Written By Unknown on Minggu, 05 Mei 2013 | 21.09

Merawat Print Head Epson secara umum telah dipaparkan dalam Epson Manual bawaan masing-masing printer Epson. Bagaimana cara mengatasi hasil cetak bergaris dengan head cleaning, mengatasi hasil cetak tidak rata atau garis tidak lurus dengan print head alignment, atau mengganti cartride dengan ink cartride replacement.
Jika cara-cara di atas tidak mempan lagi untuk mengatasi hasil cetak bergaris atau tidak rata, maka perlu dilakukan pembersihan dengan cleaner. Tips penggunaan cleaner untuk tipe print head yang tidak bisa langsung dilepas dari rumah cartride seperti pada printer Epson adalah sebagai berikut:
  1. Gunakan jenis cleaner yang berkualitas, jangan yang murahan karena dengan cleaner murahan, dari pengalaman yang saya dapatkan malah membuang waktu dan tidak efektif.
  2. Jangan menggunakan alkohol atau air panas yang justru dapat menimbulkan kerusakan permanen pada print head.

Membongkar print head tidaklah mudah dan malah bisa merusak secara permanen, namun tenang saja ada kok cara  yang sederhana untuk membersihkan cartride dengan menggunakan cleaner, yaitu sebagai berikut:
  1. Seperti ketika mengganti cartride, setelah head bergeser ke posisi dimana cartride bisa dilepas, cabut kabel power, kemudian keluarkan cartride dari print head. Maka tampaklah lubang printhead yang berbentuk tiang silinder (lihat Gb. 1).
  2. Sedot cairan cleaner yang telah anda siapkan kira-kira 3 cc dengan tabung suntik kemudian langsung suntikkan (tanpa jarum) ke tiang silinder (Gb. 2) atau dengan bantuan selang (Gb. 3). Jika lubang tiang silinder pada print head tersebut terlalu kecil atau terlalu besar ya harus disambung dengan selang yang ukurannya pas.
  3. Setelah masuk, sedot dulu tabung suntik sekitar 1 cc, tahan sebentar hingga isi tinta/ kotoran naik ke tabung suntik dan bercampur dengan cleaner.
  4. Dorong/ suntikkan cairan cleaner dengan kuat dan perlahan hingga habis.
  5. Setelah itu pasang kembali cartride pada tempatnya. Dan printer siap digunakan.

Catatan: Bila penyumbatan belum berhasil diatasi dengan cara di atas, anda bisa merendam printhead dengan  menggunakan selang kira kira 5 jam seperti ditampilkan pada Gb. 4.
Lihat visualisasi dalam gambar sebagai berikut:

cara membersihkan print head epson


Jika ada yang kurang jelas silahkan tulis di komentar.
Jika cukup membantu, tolong share ke temen anda.
lazada indonesia

MENABUNG DI BANK adalah MENITIPKAN ATAU MENYIMPAN UANG ANDA dengan BEBAN BIAYA.
BUKAN sebuah nilai INVESTASI
Ingin UANG berkembang 10 - 20% perhari?
Gabung aja di PELUANG BISNIS MANTAB KLIK DISINI



Ok Sobat Silahkan Lanjutkan membaca Silahkan Share agar memberi kemanfaatan bagi sobat yang lain


0 komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silahkan di Share & Tulis Komentarnya